Kamis, 13 Januari 2011

PERBEDAAN KLASIFIKASI TANAH

PERBEDAAN KLASIFIKASI TANAH

USDA FAO/UNESCO PUSAT PENELITIAN TANAH BOGOR
Struktur:
Terdiri dari 6 kategori
1. Ordo
Terdiri dari 11 takson,dengan faktor pembeda ada tidaknya jenis horison penciri.
Kategori diberi akhiran SOL misal Entisol (ENT) arti:dari recent/baru
2. Sub Ordo
Terdiri dari 53 takson dengan faktor pembeda keseragaman genetik. Terdiri dari 2 suku kata,pertama untuk sifat sub ordo,kedua untuk nama ordo. Misal: Aquent (aqua=air),(ent=entisol) arti:tanah baru selalu basah
3. Great Group
Terdiri dari 250 takson dengan faktor pembeda kasamaan jenis, tingakat perkembangan susunan horizon, kejenuhan basa, kelembaban dan suhu tanah. Contoh: Cryaquent(kryos=dingin) (aquent=entisol selalu basah)
4. Sub Group
Taksa terus bertambah dengan faktor pembeda sifat-sifat inti dari Great Group. Contoh: aquic hapludult (aquult=banyak karatan pada kedalaman 25 cm)
5. Famili
Jumlah takson masih terus berkembang dengan faktor pembeda. sifat-sifat tanah yang penting untuk pertanian. Contoh:Xeric Haplohumult
6. Seri
Dalam penamaan diambil dari nama tempat atau sifat alam.
Contoh: Sitiung (pertama kali ditemukan di daerah sitiung).

Stuktur:
Terdiri dari 2 kategori
1. Great Group (setara USDA)
Nama tanah dan asal kata,contoh: fluvisol(fluvius) asal kata: sungai,alluvial sungai.
2. Subgroup
Terdiri dari 2 kata, kata kedua menunjukkan nama great group, kata pertama menunjukkan sifat utama dari subgroup. Contoh: Calcaric Fluvisol (calcarik:berkapur, fluvisol:sungai,aluvial) artinya alluvial yang berkapur. Sruktur:
Terdiri dari 6 kategori:
1. Golongan (ordo)
Kriterianya: Perkembangan Profil tanah, meliputi dua satuan lebar : tanpa dan dengan perkembangan.
Contoh: Tanpa perkembangan
2. Kumpulan (Subordo)
Kriterianya susunan horizon utama meliputi O,A,B,Ca, dan G.
Contoh:
C- bahan organic
3. Jenis (Great soil group)
Kriterianya horizon penciri dan gejala pengikut. Pencirinya untuk atuan lebar tanpa perkembangan, tebal profil,kukuh dan tekstur.
Contoh: tebal 50 cm pasir (regosol). Dengan pengembangan:
Al prominen; fragmen/ kokresi kapur; basa tinggi. Contoh : B2 Latosol (LATOSOL)
4. Macam (subgroup)
Kriterianya kombinasi dari warna horizon, horizon tambahan, dan horizon peralihan antar horizon utama.
Contoh: Regosol Kelabu, regosol kelabu coklat.
5. Rupa (Famili)
Kriterianya: sifat fisik umum horizon utama atau lapisan 50 cm dalamnya. Tekstur 5 klas; drainase 3 klas.
Contoh : Regosol kelabu tua bertekstur sedang, berdrainase baik.
6. Seri
Kriterianya: sifat fisik khusus horizon utama atau lapisan 50 cm dalamnya. Tekstur 12 klas; drainase 7 klas.
Contoh : Regosol kelabu bertekstur lempung berpasir, drainase baik.

Merupakan system multi kategori Merupakan system kompromi dari berbagai sistem Merupakan system multi kategori
Pengklasifikasian berdasarkan horizon penciri dengan sifat-sifat dan fungsi tanah. Disertai pembagian kategori terperinci Pengklasifikasian menggunakan horison-horison penciri yang sebagian diambil dari horizon penciri USDA. Tidak disertai pembagian kategori yang terperinci. Pengklasifikasian didasarkan pada sifat morfologi tanah, dilakukan pada tingkat kategori yang berbeda, dikaitkan dengan kegunaannya untuk survai tanah. Pembagian kategori terperinci.
Tata nama disusun menggunakan kata Yunani atau Latin Nama tanah diambil dari nama-nama tanah klasik yang sudah terkenal dari Rusia, Eropa Barat, Kanada, Amerika Serikat, Nama diambil dari bahasa Indonesia dan beberapa nama baru mirip dengan penamaan oleh FAO/UNESCO


PERSAMAAN KLASIFIKASI TANAH USDA, FAO/UNESCO DAN PUSAT PENELITIAN TANAH BOGOR

1. Memungkinkan adanya modifikasi karena ada penemuan baru dengan tidak merusak sistemnya sendiri.
2. Sifat pembeda yang dikemukakan sama-sama berdasarkan kriteria horison penciri yang terbentuk sebagai hasil dari proses pembentukan tanah atau sifat yang mempengaruhi pembentukan tanah.
3. Tata nama informatif dalam arti menunjukkan sifat-sifat tanah masing-masing kategori.
4. Digunakan dalam survey tanah
5. Seluruh klasifikasi tanah sama – sama bertujuan untuk :
a. Mengorganisasi atau meneta pengetahuan tentang tanah
b. Mengetahui hubungan masing-masing individu tanah
c. Memudahkan mengingat sifat-sifat tanah
d. Mempermudah dalam menaksir sifat dan produktifitas, menentukan lahan terbaik, menentukan areal-areal penelitian dan kemungkinan eksploitasi hasil penelitian.
e. Mempelajari hubungan – hubungan dan sifat – sifat tanah baru.

2 komentar:

  1. Ini perbedaanny yg mna ya kok membingungkan

    BalasHapus
  2. Play casino - No.1 for the Casino Guru
    No longer have the opportunity to sol.edu.kg go 토토 to the poormansguidetocasinogambling casinos or read the reviews of the slots 바카라사이트 you love. But they're not always the same. Sometimes you have a new online communitykhabar

    BalasHapus